Peluncuran Film Perdana SMP 2 Blora (Biji Setum dan Shinu Jeritan Sang Pemain Barong)

Perkembangan perfilman di Indonesia saat ini sedang mencapai puncak keemasannya, karena film- film yang dibuat anak bangsa mampu bersaing di tingkat Internasional, bahkan penonton sebuah film saat ini sampai antri untuk mendapatkan tiket seperti yang terjadi pada Film Laskar Pelangi dan cinta Bertasbih yang menyedot jutaan penonton.

Selain itu untuk memberikan pembelajaran di sekolah- sekolah, saat ini telah banyak dibuat film- film documenter yang bisa memberikan gambaran secara jelas kepada siswa dalam memahami sejarah, seperti yang baru- baru ini dibuat di Blora tentang kehidupan Samin Surosentiko.

Dalam rangka ini SMP 2 Blora menggelar Workshop Perfilman yang bertujuan mengembangkan minat dan bakat siswa serta meningkatkan prestasi dibidang perfilman di sekolah. Menurut Kepala SMP 2 Blora Purwadi melalui wakil Kepala Sekolah Bidang Manajemen Mutu Budi Waluyo, S.Pd mangatakan Setelah workshop ini dilaksanakan SMP 2 Blora akan membuat film- film yang lebih baik lagi dan mampu membawa nama baik sekolah dan Kabupaten Blora di kancah propinsi dan nasional, “ Film karya siswa SMP 2 Blora berjudul Shinu Jeritan Sang Pemain Barong mampu masuk final dalam lomba Film antar sekolah SMP/SMA yang diadakan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah,selain itu juga ada film biji setum dan film Shinu Pahlawan Lagu Dolanan yang menjadi juara 2 se eks-karasidenan Pati” ungkap Budi Waluyo.

Dalam worshop yang diikuti 114 siswa dan Guru  mendatangkan sutradara terkenal  Bambang Hengky yang telah malang melintang di dunia perfilman di Indonesia yang juga menyutradarai film kehidupan Samin Surosentiko.

Dalam paparannya Bambang Henky menjelaskan bagaimana proses pembuatan film yang baik  terutama tentang film documenter, bagimana olah gambar, memilih ide cerita, memilih pemain yang berkarakter, dan tata cahaya serta suara.

“Dalam pembuatan film ada 3 tahapan yang harus dilalui yaitu memilih idea tau gagasan, membuat ringkasan cerita dan penulisan naskah. Baru setelah itu di breakdown dengan penggalan- penggalan cerita,” tambah bambang.

Dalam worshop kali ini juga diputar beberapa film documenter terbaik yang telah dibuat oleh bambang Hengky selama menjadi sutradara film.

Workshop ini membuat siswa SMP 2 Blora lebih memahami bagaimana proses pembuatan film dari awal sampai akhir, Disty Ayuniar Rizky ketua OSIS SMP 2 Blora mengatakan dirinya  dan temannya menjadi lebih tertarik ingin lebih menekuni dalam pembuatan film ini karena jika dilihat prosesnya sangat mengasyikkan dan membuka cakrawala dan ide.


==> semoga dengan pelatihan film ini akan memacu prestasi yang membanggakan <==

0 Response to "Peluncuran Film Perdana SMP 2 Blora (Biji Setum dan Shinu Jeritan Sang Pemain Barong)"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme